Asus ZenBook UX391UA, Laptop Idaman Masa Kini




Masa-masa kuliah telah berakhir, ya kini lah saatnya bagi mahasiswa yang tinggal di kos-kosan yang sempit dengan makan yang pas-pasan demi menghemat pengeluaran akhirmya bisa bersenang-senang menghabiskan liburan akhir tahun di kampung halaman tercinta, termasuk saya. Sebenarnya liburan akhir tahun kali ini bagi saya tidak ada yang istimewa kok. Dengan istirahat yang cukup, bisa makan sepuasnya dengan makanan yang lengkap gizinya, dan bisa bersantai ria di rumah merupakan kenikmatan yang telah lama saya idamkan. Rutinitas di kampus telah menyita waktu saya. Kuliah, tugas, ujian, organisasi, dll merupakan makanan sehari-hari bagi saya yang merupakan seorang mahasiswa menuju tingkat akhir. Tak jarang kegiatan tersebut memang membuat waktu istirahat berkurang, sampai-sampai lupa makan pula karena terlalu sibuknya. Sehingga kesempatan liburan kali ini saya gunakan khusus untuk memperbaiki gizi dan melepas lelah setelah kuliah selama satu semester kemarin.

Walaupun begitu, bukan berarti saya menghabiskan waktu hanya makan, tidur, makan, tidur, dan seterusnya lho, bisa-bisa setelah liburan berat badan saya malah naik. Namun, selain makan dan tidur, saya juga mempunyai aktivitas di liburan kali ini. Dengan ditemani sebuah laptop saya yang juga bermerek Asus (yang pastinya laptop saya bukan Asus ZenBook UX391UA) saya melakukan kegiatan tulis menulis, mengedit dan browsing. Laptop Asus yang saya gunakan saat ini sudah 3 tahun saya pakai, ada suka dan duka yang telah saya lalui bersama laptop kesayangan ini. Balik lagi ke topik liburan saya kali ini, sebagai mahasiswa walaupun sudah waktunya liburan, ada saja tugas/projek yang harus diselesaikan. Hal tersebut tentunya tidak luput dari kegiatan menulis, mengedit, ataupun browsing. Nah, kegiatan saya yang satu ini yaitu tentunya menulis artikel lomba blog ini (dengan harapan akan dapat hadiah), membuat cerpen dan mengedit proposal PKM. Bagi kalian yang mahasiswa pastinya tahu dong apa itu PKM alias Program Kreativitas Mahasiswa. Berhubung proposal saya lolos tahap universitas, sehingga sebelum mengupload proposal tersebut, harus dilakukan pengeditan atau revisi.

Berkutatlah saya didepan laptop dalam waktu yang lama demi memperbaiki proposal yang masih kurang dari segi isi maupun tata halamannya. Kalau sudah seperti itu, kegiatan browsing pun tidak dapat dihindari (maksudnya untuk mencari sumber/data pendukung tambahan yang membutuhkan kegiatan browsing). Satu hal yang bikin saya sebal saat browsing yaitu lelet, bukan lelet sinyalnya melainkan lelet laptopnya. Bukan bermaksud menjelekkan laptop saya sendiri (dan Asus, karena laptop saya merknya Asus), melainkan laptop yang sudah cukup lama menemani saya ini sudah banyak data-data yang tersimpan, sehingga suka tegang-tegang sendiri kalau sudah dipakai untuk browsing. Tapi saat laptop saya ini baru dibeli, pastinya lancar jaya juga.

Sambil menunggu laptop saya pulih dari tegang, iseng-iseng saya cek ig melalui smartphone saya, lalu saya mendapati ada pengumuman lomba blog tentang laptop Asus ZenBook UX391UA yang hadiah utamanya tentulah laptop tersebut. Saat melihat keunggulannya, saya terkesan dan sangat tergiur untuk mencoba mengikuti lomba tersebut, mana tau rezeki saya mendapatkan laptop baru, hehe.

Untuk sementara saya hentikan kegiatan mengedit proposal PKM saya dan browsing, lalu saya beralih ke lomba tersebut. Melihat fitur yang ditawarkan Asus ZenBook UX391UA sangat membuat saya takjub, yang tentunya lebih unggul dari pada laptop Asus saya yang keluaran lama ini (tapi laptop saya juga memiliki keunggulan juga, salah satunya awet dan tahan lama). Apa saja keunggulan Asus ZenBook UX391UA? Baca terus blog saya ya.

1. Ringan
Bagi kalian yang terkadang malam membawa laptop ke kampus, dikarenakan terlalu berat dan bisa membuat bahu menjadi pegal saat di bawa dengan tas punggung, lain halnya dengan Asus ZenBook UX391UA ini. Laptop ini hanya memiliki berat 1 kg dengan ketebalan 12,9 mm. Ringan dan tipis yah, tidak usah khawatir lagi dengan beban berat yang dipikul dan juga tidak menambah kepadatan tas punggung kita. Kalau saya punya laptop ini, pasti ketagihan untuk selalu membawanya ke kampus, dan juga ada Wi-Fi kampus yang sinyalnya yang sangat kencang.



2. Memiliki engsel ErgoLift
Design ini merupakan salah satu kelebihan Asus ZenBook UX391UA nih. Engsel ErgoLift ini memungkinkan para pengguna untuk mengetik dengan nyaman dengan posisi keyboard yang miring sebesar 5,5˚. Selain membuat proses pengetikan menjadi nyaman, dengan adanya engsel ErgoLift ini dapat meningkatkan pendinginan pada laptop karena sirkulasi udaranya lebih lancar dan juga performa audio yang meningkat.


3. Performa secepat kilat
Kadang suka kesal nggak sih saat lagi deadline tugas ataupun hal lainnya, tiba-tiba laptop menjadi lemot dan tegang? Nah, dengan memiliki Asus ZenBook UX391UA pengalaman lemot dan tegang dipastikan tidak akan dijumpai kembali, karena Asus ZenBook UX391UA dilengkapi dengan prosesor Intel ®Core™i7 dengan kecepatan 4,0 GHz dan RAM 16 GB memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dengan cepat tanpa lemot dan ngos-ngosan. SSD (Solid-state disk) pada laptop ini membuat proses penyimpanan berlangsung cepat.



4. Resolusi Layar
Asus ZenBook UX391UA memiliki ukuran 13,3 inci, resolusi full HD (1920  1080), ketebalan 5,9 mm, serta memiliki spektrum warna 100% sRGB, 72% NTSC color gamut yang membuat warna yang ditampilkan menjadi lebih hidup dan detail. Layar yang dibekali dengan teknologi NanoEdge dengan rasio screen to body sebesar 85%. Cocok nih untuk pengguna yang bekerja dibidang design atau gambar.

5. Kapasitas baterai
Baterai yang ditawarkan oleh Asus ZenBook UX391UA memiliki kapasitas besar dengan jangka waktu penggunaan selama 13,5 jam. Lumayan lama juga daya tahan baterai pada laptop ini. Selain itu, laptop ini memiliki kemampuan fast charging sebanyak 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

6. Sistem Pendinginan
Biasanya laptop yang digunakan dalam jangka waktu yang lama, akan mengalami panas yang cukup tinggi pada mesinnya (apabila digunakan untuk menonton film, bermain game, ataupun kegiatan lainnya yang memicu laptop menjadi cepat panas). Sehingga jika kita ingin mendinginkan mesin pada laptop, harus didiamkan terlebih dahulu agar suhu menjadi turun lalu kita gunakan kembali dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada mesin (sebenarnya hal tersebut merupakan pengalaman saya). Namun berbeda dengan Asus ZenBook UX391UA ini, kipas kaca kristal cair dengan tebal 0,3 mm dan pipa panas dengan paduan tembaga yang memiliki dinding setipis 0,1 mm dan didukung dengan desain interior kipas yang memiliki system aliran udara yang telah ditingkatkan akan membuat laptop ini dapat menghilangkan panas secepat mungkin melalui ventilasi tersembunyi di engsel ErgoLift pada laptop ini.

7. Konektivitas
Dua dari tiga buah port USB yang terdapat pada laptop ini menggabungkan teknologi Thunderbolt™3. Ketiga port tersebut memberikan kecepatan tinggi pada saat melakukan transfer data, pengisian cepat maupun konektivitas layar. Dua buah port yang menggunakan teknologi Thunderbolt™3 memiliki kecepatan perpindahan data sebesar 40 Gbps, yang artinya dua kali lebih cepat dari pada Thunderbolt™2 yang memiliki kecepatan 20 Gbps.


8. Audio
Asus ZenBook UX391UA memiliki dua speaker yang bekerja sama dengan spesialis audio Harman Kardon dan menghasilkan teknologi audio Asus SonicMaster Premium. Hasil suara yang dikeluarkan memiliki kualitas tinggi  dan jernih. Cukup mengagumkan ya.

9. Sensor sidik jari
Satu lagi nih kelebihan Asus ZenBook UX391UA, yaitu memiliki sensor sidik jari. Tidak perlu repot-repot mengetikkan kata sandi saat ingin menggunakan laptop, pada laptop ini cukup satu sentuhan saja, maka kita sudah bisa masuk untuk menggunakan laptop ini. Sangat praktis nih apalagi bagi kalian yang suka lupa kata sandi laptopnya saking banyaknya sandi yang dibuat demi keamanan laptop dari tangan-tangan jahil.

10. Keyboard
Keyboard pada laptop ini memiliki jarak antar tombol yang cukup lebar serta permukaan tombol yang dibuat selembut mungkin dan juga dilengkapi dengan lampu latar berwarna keemasan yang menambah kesan mewah pada laptop ini. Sehingga dalam kondisi pencahayaan apapun kita dapat bekerja menggunakan laptop ini.


11. Daya tahan
Asus ZenBook UX391UA memiliki daya tahan yang kuat dalam kondisi lingkungan yang tinggi ataupun rendah, ketinggian ekstrim, terjatuh maupun terguncang. Hal tersebut karena desain body pada laptop ini sudah memenuhi standar militer MIL-STD810G, sehingga laptop ini memiliki daya tahan yang kokoh.

Nah, itulah beberapa keunggulan Asus ZenBook UX391UA sehingga pantas untuk kalian miliki. Walaupun saya belum mencobanya secara langsung, kalian bisa lihat kok fiturnya pada web Asus. Harga yang ditawarkan pada produk ini senilai 26 juta-an, yang pastinya sudah sesuai dengan fasilitas yang disediakan pada laptop ini. Saya ingin sekali memiliki laptop ini, doakan saja ya mudah-mudahan saya bisa memilikinya. Walaupun tidak sangup membelinya, semoga saja ada seseorang yang baik hati mau membelikannya, hehe.

Setelah panjang lebar saya menjelaskan fitur-fitur yang menjadi keunggulan pada laptop ini, saya lanjut lagi nih mengedit proposal PKM saya dan semoga proposal saya didanai. Itulah kegiatan libur akhir tahun ku yang hanya dihabiskan di rumah saja, namun saya mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat bersama laptop Asus kesayangan saya.

Sumber
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-S-UX391UA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sering Lemot Saat Lihat Video di Youtube? Atau Takut Kuota Internet Cepat Habis? Check Cara Mengatasinya Disini

Review Nokia 2